INSTRUMEN
PENELAAHAN PROSES
PEMBELAJARAN DI KELAS
NamaSekolah yang Diamati : SD NEGERI 03 TLOGOSARI KULON
Identitas RPP yang Ditelaah :KELAS 4
Mata Pelajaran/Topik RPP : MATEMATIKA / SATUAN PANJANG
Tanggal Pengamatan :
27 OKTOBER 2015
Aspek yang Diamati
|
Ya
|
Tidak
|
Catatan
|
|
KegiatanPendahuluan
|
|
|
|
|
1
|
Menyiapkan fisik dan psikis peserta
didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
|
V
|
|
Guru
mengawali pembelajaran dengan meminta siswa bersama-sama menyanyikan lagu
Indonesia Raya yang dipimpin oleh ketua kelas.
|
2
|
Mengaitkan materi pembelajaran
sekarang dengan pengalaman peserta didik dalam perjalanan menuju sekolah atau
dengan tema sebelumnya.
|
|
V
|
Guru tidak mengaitkan
materi pembelajaran dengan pengalaman peserta didik maupun dengan tema
sebelumnya
|
3
|
Mengajukan pertanyaan yang ada
keterkaitan dengan tema yang akan
dibelajarkan.
|
V
|
|
Guru mengajukan pertanyaan
pada siswa “Berapakah jarak dari rumahmu kesekolah ?”
|
4
|
Mengajak peserta didik
berdinamika/melakukan sesuatu kegiatan yang terkait dengan materi.
|
|
V
|
Guru tidak mengajak siswa
untuk melakukan kegiatan yang berkaitan dengan materi.
|
KegiatanInti
|
|
|
|
|
1
|
Menyajikan materi yang dapat
memfasilitasi ketercapaian kompetensi pada indikator
|
V
|
|
Guru menyajikan materi
satuan panjang sesuai dengan indicator pencapaian
|
2
|
Mengaitkan materi dengan pengetahuan
lain yang diintegrasikan secara relevan dengan perkembangan Iptek dan
kehidupan nyata .
|
V
|
|
Guru mengaitkan materi
dengan kehidupan siswa yaitu dengan pengetahuan siswa mengenai jarak rumah
siswa kesekolah
|
3
|
Menyajikan materi secara sistematis
dan gradual (dari yang mudah kesulit, dari konkrit ke abstrak)
|
|
V
|
Guru tidak memberikan
materi namun langsung pada soal.
|
4
|
Mengelola kelas dengan baik.
|
V
|
|
Guru berusaha memusatkan
perhatian siswa kepada guru dengan pemberian soal.
|
5
|
Melaksanakan pembelajaran yang
bersifat kontekstual.
|
V
|
|
Guru memotivasi siswa untuk
memahami materi dengan mengaitkan materi tersebut dengan konteks kehidupan
mereka
|
6
|
Melaksanakan pembelajaran yang
memungkinkan tumbuhnya kebiasaan positif (nurturant effect).
|
|
V
|
Guru hanya memberikan soal
tanpa memberikan motivasi pada siswa
|
7
|
Melaksanakan pembelajaran sesuai
dengan RPP
|
V
|
|
guru melaksanakan pembelajaran sesuai RPP yang saya amati
|
8
|
Memberikan pertanyaan mengapa dan
bagaimana.
|
V
|
|
Guru memberikan pertanyaan
terkait soal yang dikerjakan oleh siswa “Mengapa hasilnya seperti itu ?
Bagaimana cara mengerjakan soal ini ?”
|
9
|
Memancing peserta didik untuk
bertanya.
|
V
|
|
Guru memberikan pertanyaan
kepada siswa untuk bertanya sejauh mana siswa mampu mengerjakan soal yang
guru berikan
|
10
|
Menyajikan kegiatan peserta didik
untuk keterampilan mengamati.
|
V
|
|
Guru memberikan soal cerita
untuk kemudian diamati oleh siswa dan dipahaminya.
|
11
|
Menyajikan kegiatan peserta didik
untuk keterampilan mencoba
|
V
|
|
Guru menyajikan soal agar
siswa kerjakan pada papan tulis (maju)
|
12
|
Menyajikan kegiatan peserta didik
untuk keterampilan menganalisis.
|
V
|
|
Guru menyajikan soal cerita
untuk dianalisis siswa
|
13
|
Menyajikan kegiatan peserta didik
untuk keterampilan mengkomunikasikan.
|
|
V
|
Guru tidak memberikan kesempatan
pada siswa untuk ketrampilan mengkomunikasikan
|
14
|
Mengamati sikap dan perilaku peserta
didik dalam mengikuti pelajaran.
|
V
|
|
Guru berkeliling untuk
mengamati peserta didik saat siswa mengerjakan soal
|
15
|
Melakukan penilaian keterampilan
peserta didik dalam melakukan aktifitas individu/kelompok.
|
V
|
|
Guru melakukan penilaian
individu terhadap soal yang dikerjakan oleh siswa
|
16
|
Mendokumentasikan hasil pengamatan
sikap, perilaku dan keterampilan peserta didik.
|
V
|
|
Guru mengisi penilaian
siswa pada buku nilai yang dimiliki guru
|
17
|
Menunjukkan keterampilan dalam
penggunaan sumber belajar
|
V
|
|
Guru menggunakan buku
sebagai sumber belajar
|
18
|
Menunjukkan keterampilan dalam
penggunaan media pembelajaran.
|
V
|
|
Guru menggunakan buku
sebagai media pembelajaran
|
19
|
Menghasilkan pesan yang menarik.
|
|
V
|
Guru memberikan
pembelajaran yang biasa saja tanpa adanya pesan yang menarik
|
20
|
Melibatkan peserta didik dalam
pemanfaatan sumber belajar pembelajaran.
|
V
|
|
Siswa menggunakan buku
sebagai sumber belajar pembelajaran
|
21
|
Melibatkan peserta didik dalam
pemanfaatan media pembelajaran.
|
V
|
|
Siswa menggunakan buku sebagai media pembelajaran
untuk mengerjakan soal
|
22
|
Menumbuhkan partisipasi aktif peserta
didik melalui interaksi guru, pesertadidik, sumberbelajar.
|
V
|
|
Melalui soal pada sumber
belajar siswa secara aktif mengerjakan soal dan maju kedepan
|
23
|
Merespon positif partisipasi
pesertadidik,
|
V
|
|
Guru memberikan kesempatan
kepada siswa untuk maju berdasarkan no urut absen
|
24
|
Menunjukkan sikap terbuka terhada
prespons pesertadidik,
|
V
|
|
Guru memberikan kesempatan pada siswa untuk
bergiliran untuk maju
|
25
|
Menunjukkan hubungan antar pribadi
yang kondusif.
|
V
|
|
Guru mengarahkan siswa pada
materi yang sedang dibahas pada hari ini.
|
26
|
Menumbuhkan keceriaan dan antusisme
peserta didik dalam belajar.
|
V
|
|
Melalui kegiatan maju
bergiliran siswa menjadi sangat antusias dalam mengikuti pebelajaran
|
27
|
Menggunakan bahasa lisan secara jelas
dan lancar.
|
V
|
|
Guru menggunakan bahasa
Indonesia yang baik, jelas dan benar
|
28
|
Menggunakan bahasa tulis yang baik dan
benar.
|
V
|
|
Guru menggunakan papan
tulis untuk menuliskan hal yang penting dan tema yang sedang dibahas hari ini
dengan jelas.
|
29
|
Menyampaikan pesan dengan gaya yang
sesuai.
|
V
|
|
Guru menyampaikan materi dengan
jelas, benar dan sesuai dengan konteks yang sedang dibahas hari ini
|
KegiatanPenutup
|
||||
30
|
Mengakhiri pembelajaran dengan efektif
|
V
|
|
Guru mengakhiri
pembelajaran dengan memberikan pesan kepada siswa
|
31
|
Membuat rangkuman dengan melibatkan
peserta didik.
|
V
|
|
Guru menuliskan hal yang
penting dipapan tulis dan siswa mencatatnya saat proses pembelajaran
|
32
|
Melakukan refleksi dengan melibatkan
peserta didik.
|
|
V
|
Guru tidak melakukan
refleksi pada saat pembelajaran.
|
33
|
Melaksanakan tindak lanjut dengan memberikan
arahan, ataukegiatan, atau tugas sebagai bagian remidi/pengayaan.
|
|
|
Guru memberikan arahan
kepada siswa untuk selalu bersikap tertib dan menjaga keamanan dikelas.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar