Rabu, 18 November 2015

CAtatan tabel magang 2 SDN Tlogosarikulon 03



INSTRUMEN  PENELAAHAN PROSES PEMBELAJARAN DI KELAS

NamaSekolah yang Diamati : SD NEGERI 03 TLOGOSARI KULON
Identitas RPP yang Ditelaah :KELAS 4
Mata Pelajaran/Topik RPP   : MATEMATIKA / SATUAN PANJANG
Tanggal Pengamatan            : 27 OKTOBER 2015


Aspek yang Diamati
Ya
Tidak
Catatan
KegiatanPendahuluan



1
Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
V

Guru mengawali pembelajaran dengan meminta siswa bersama-sama menyanyikan lagu Indonesia Raya yang dipimpin oleh ketua kelas.
2
Mengaitkan materi pembelajaran sekarang dengan pengalaman peserta didik dalam perjalanan menuju sekolah atau dengan tema sebelumnya.

V
Guru tidak mengaitkan materi pembelajaran dengan pengalaman peserta didik maupun dengan tema sebelumnya
3
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitan dengan tema yang  akan dibelajarkan.
V

Guru mengajukan pertanyaan pada siswa “Berapakah jarak dari rumahmu kesekolah ?”
4
Mengajak peserta didik berdinamika/melakukan sesuatu kegiatan yang terkait dengan materi.

V
Guru tidak mengajak siswa untuk melakukan kegiatan yang berkaitan dengan materi.
KegiatanInti



1
Menyajikan materi yang dapat memfasilitasi ketercapaian kompetensi pada indikator
V

Guru menyajikan materi satuan panjang sesuai dengan indicator pencapaian
2
Mengaitkan materi dengan pengetahuan lain yang diintegrasikan secara relevan dengan perkembangan Iptek dan kehidupan nyata .
V

Guru mengaitkan materi dengan kehidupan siswa yaitu dengan pengetahuan siswa mengenai jarak rumah siswa kesekolah
3
Menyajikan materi secara sistematis dan gradual (dari yang mudah kesulit, dari konkrit ke abstrak)

V
Guru tidak memberikan materi namun langsung pada soal.
4
Mengelola kelas dengan baik.
V

Guru berusaha memusatkan perhatian siswa kepada guru dengan pemberian soal.
5
Melaksanakan pembelajaran yang bersifat kontekstual.
V

Guru memotivasi siswa untuk memahami materi dengan mengaitkan materi tersebut dengan konteks kehidupan mereka
6
Melaksanakan pembelajaran yang memungkinkan tumbuhnya kebiasaan positif (nurturant effect).

V
Guru hanya memberikan soal tanpa memberikan motivasi pada siswa
7
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan  RPP
 V

 guru melaksanakan pembelajaran sesuai RPP yang saya amati
8
Memberikan pertanyaan mengapa dan bagaimana.
V

Guru memberikan pertanyaan terkait soal yang dikerjakan oleh siswa “Mengapa hasilnya seperti itu ? Bagaimana cara mengerjakan soal ini ?”
9
Memancing peserta didik untuk bertanya.
V

Guru memberikan pertanyaan kepada siswa untuk bertanya sejauh mana siswa mampu mengerjakan soal yang guru berikan
10
Menyajikan kegiatan peserta didik untuk keterampilan mengamati.
V

Guru memberikan soal cerita untuk kemudian diamati oleh siswa dan dipahaminya.
11
Menyajikan kegiatan peserta didik untuk keterampilan mencoba
V

Guru menyajikan soal agar siswa kerjakan pada papan tulis (maju)
12
Menyajikan kegiatan peserta didik untuk keterampilan menganalisis.
V

Guru menyajikan soal cerita untuk dianalisis siswa
13
Menyajikan kegiatan peserta didik untuk keterampilan mengkomunikasikan.

V
Guru tidak memberikan kesempatan pada siswa untuk ketrampilan mengkomunikasikan
14
Mengamati sikap dan perilaku peserta didik dalam mengikuti pelajaran.
V

Guru berkeliling untuk mengamati peserta didik saat siswa mengerjakan soal
15
Melakukan penilaian keterampilan peserta didik dalam melakukan aktifitas individu/kelompok.
V

Guru melakukan penilaian individu terhadap soal yang dikerjakan oleh siswa
16
Mendokumentasikan hasil pengamatan sikap, perilaku dan keterampilan peserta didik.
V

Guru mengisi penilaian siswa pada buku nilai yang dimiliki guru
17
Menunjukkan keterampilan dalam penggunaan sumber belajar
V

Guru menggunakan buku sebagai sumber belajar
18
Menunjukkan keterampilan dalam penggunaan  media pembelajaran.
V

Guru menggunakan buku sebagai media pembelajaran
19
Menghasilkan pesan yang menarik.

V
Guru memberikan pembelajaran yang biasa saja tanpa adanya pesan yang menarik
20
Melibatkan peserta didik dalam pemanfaatan sumber belajar pembelajaran.
V

Siswa menggunakan buku sebagai sumber belajar pembelajaran
21
Melibatkan peserta didik dalam pemanfaatan   media pembelajaran.
V

Siswa  menggunakan buku sebagai media pembelajaran untuk mengerjakan soal
22
Menumbuhkan partisipasi aktif peserta didik melalui interaksi guru, pesertadidik, sumberbelajar.
V

Melalui soal pada sumber belajar siswa secara aktif mengerjakan soal dan maju kedepan
23
Merespon positif partisipasi pesertadidik,
V

Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk maju berdasarkan no urut absen
24
Menunjukkan sikap terbuka terhada prespons pesertadidik,
V

 Guru memberikan kesempatan pada siswa untuk bergiliran untuk maju
25
Menunjukkan hubungan antar pribadi yang kondusif.
V

Guru mengarahkan siswa pada materi yang sedang dibahas pada hari ini.
26
Menumbuhkan keceriaan dan antusisme peserta didik dalam belajar.
V

Melalui kegiatan maju bergiliran siswa menjadi sangat antusias dalam mengikuti pebelajaran
27
Menggunakan bahasa lisan secara jelas dan lancar.
V

Guru menggunakan bahasa Indonesia yang baik, jelas dan benar
28
Menggunakan bahasa tulis yang baik dan benar.
V

Guru menggunakan papan tulis untuk menuliskan hal yang penting dan tema yang sedang dibahas hari ini dengan jelas.
29
Menyampaikan pesan dengan gaya yang sesuai.
V

Guru menyampaikan materi dengan jelas, benar dan sesuai dengan konteks yang sedang dibahas hari ini
  KegiatanPenutup
30
Mengakhiri pembelajaran dengan efektif
V

Guru mengakhiri pembelajaran dengan memberikan pesan kepada siswa
31
Membuat rangkuman dengan melibatkan peserta didik.
V

Guru menuliskan hal yang penting dipapan tulis dan siswa mencatatnya saat proses pembelajaran
32
Melakukan refleksi dengan melibatkan peserta didik.

V
Guru tidak melakukan refleksi pada saat pembelajaran.
33
Melaksanakan tindak lanjut dengan memberikan arahan, ataukegiatan, atau tugas sebagai bagian remidi/pengayaan.


Guru memberikan arahan kepada siswa untuk selalu bersikap tertib dan menjaga keamanan dikelas.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar